Menkominfo: Palapa Ring Jadikan Indonesia Negara Kesatuan Yang Utuh




Batam, Kominfo - Tujuan Proyek Palapa Ring tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional.Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap Indonesia menjadi Negara Kesatuan yang utuh dengan membangun ketersambungan layanan jaringan serat optik itu. “Diharapkan nantinya tidak ada lagi gap antara Indonesia bagian Barat dengan Tengah maupun dengan Timur sehingga Indonesia menjadi negara kesatuan yang utuh,” katanya dalam Sosialisasi Palapa Ring di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (15/06/2016).

Walikota Batam H. Muhammad Rudi, mengatakan Batam saat ini dikembangkan menjadi empat fungsi utama yaitu sebagai daerah industri, perdagangan, pariwisata, dan perkapalan. “Dalam mendukung empat fungsi utama tersebut diperlukan perkembangan TIK sehingga kita mempunyai akses internet dan bertukar pikiran mengenai satu daerah dengan daerah lainnya agar bangsa kita bisa selalu belajar,” katanya.

Muhammad Rudi berharap akselerasi pertumbuhan pembangunan infrastruktur jaringan dapat membantu akses masyarakat. “Kami mendukung proyek ini sehingga pembangunan bisa sesuai dengan karateristik wilayah setempat, bisa mengoptimalkan wilayah setempat dan kedaulatan NKRI,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjulaindi Rachman mengatakan fungsi utama adanya proyek Palapa Ring ini dicetuskan untuk  kedaulatan negara dan ketahanan nasional melalui penyediaan teknologi infromasi dan telekomunikasi.  “Pemerintah Provinsi Riau memberikan kontribusi positif terhadap proyek pembangunan ini,” paparnya.
Rachman berharap agar kehadiran Palapa Ring mampu meningkatan kesejahteraaan hidup masyarakat yang digital. “Kami berharap dapat terhubung dan terakselerasi dengan jaringan yang ada dengan kualitas internet yang tinggi dan aman,” katanya. (sumber Kominfo RI)
Previous
Next Post »